Besi beton adalah satu diantara material yang memiliki kedudukan sangat penting sebagai pengatur beton bangunan. Kualitas & kuantitas ferum beton yang digunakan umumnya berbanding setia dengan segi beton. Akhirnya semakin buntal dimensi beton, ukuran dan jumlah minyak patra beton yang harga cor beton digunakan pun semakin buntal.

Besi beton menjadi bakal bangunan yang sangat primer. Besi beton itu akan menjadi tulang penyangga desain bangunan. Oleh karena itulah besi beton pantas memiliki ukuran berdasarkan zona dan desain bangunannya. Contohnya jika letak bangunan berpunya di susur jalan, sepantasnya menggunakan minyak patra yang semakin besar ukurannya. Hal yang ada bertujuan agar besi batangan dapat menutup getaran saat ada perantara. Lalu bila permukaan tanahnya adalah spesies tanah kempuh misalnya bekas tanah persawahan atau tanah yang gampang longsor metal cakar ayam akan sangat diperlukan.

Dan kemudian konstruksi dewan juga luar biasa menentukan tolok ukur besi beton yang diperlukan. Besi yang diperlukan bagi rumah sederhana berlantai satu tetap berbeda dengan rumah bertumpuk. Jika bangunan bertingkat, besi yang diperlukan biasanya mengarungi ukuran yang lebih buntal dan menggunakan cakar mandung. Sedangkan bagi bangunan sahaja yang hanya berlantai satu besi yang diperlukan bisa lebih yuwana dan gak memerlukan kuku ayam.



Jenis besi beton yang sahaja dijual yang toko konstruksi ada yang disebut ferum batangan serta besi jadi sesuai tolok ukur dan kegunaannya. Untuk dewan yang menggunakan besi tolok ukur besar sepatutnya menggunakan metal batangan olehkarena itu bisa dirangkai sendiri disesuaikan dengan hajat bangunannya namun kekurangannya lebih lama dalam pengerjaannya. Tetapi untuk dewan sederhana bisa menggunakan metal jadi diantaranya besi yang sudah disusun dan beres pakai sepertinya cakar mandung, tiang oleh karena itu, besi sluf dan sebagainya. Keuntungannya pengerjaan kian cepat sebab tidak demi merangkai juga tapi kekurangannya ukuran besinya relatif mungil atau tipikal.

Untuk ukuran besi gelondong yang dijual di toko bangunan umumnya panjangnya 12 meter, sedangkan diameternya tersedia istilah ukuran full dan ukuran bencong. Yang dimaksud ukuran full yaitu cocok atau merayu ukuran sesungguhnya sedangkan yang dimaksud tolok ukur banci ialah lebih mungil dari tolok ukur sebenarnya.